top of page

Mitos / Fakta Tentang Uban

Penyebab Munculnya Uban Secara Ilmiah

Timbulnya uban kini bisa terjadi bagi siapa saja. Tidak hanya kaum lansia, banyak orang yang berada di usia produktif juga bisa mengalami perubahan warna rambut.


Uban atau perubahan pigmen rambut terjadi karena kurangnya melanin. Selain karena kurangnya melanin, uban juga muncul karena kurangnya asupan vitamin B12 (yang bersumber dari hati, daging sapi, telur, susu, dsb).


1. Uban Muncul Dini Karena Keturunan


Pernyataan ini ternyata adalah fakta. Gen dari orang tua akan mempengaruhi kualitas pigmen rambutmu.


Selain karena keturunan, ras juga mempengaruhi waktu timbulnya uban. Hal ini memang tak bisa dihindari jika terjadi.


2. Sering Mengecat Rambut Sebabkan Uban


Gonta-ganti gaya dan warna rambut juga kerap diduga sebagai penyebab munculnya uban. Fakta dan mitos uban ini sebenarnya tidak benar.


Cat rambut memang akan merusak kualitas rambut, tapi tidak halnya dengan gangguan kualitas melanin rambut. Warna asli rambut tidak akan memudar hanya karena pemakaian cat rambut.


3. Mencabut Uban Bisa Bikin Tumbuh Lebih Banyak

Pencabutan rambut putih atau uban akan merusak folikel (pori tempat tumbuhnya rambut). Sehingga folikel yang rusak sulit ditumbuhi rambut baru. Kalau sudah begini, dikhawatirkan kebotakan akan menimpamu. Jadi, coba lah untuk menghilangkan kebiasaan mencabut uban.


Fakta dari mitos yang berkembang ini bisa dipastikan tidak benar.


4. Stres Bikin Uban Tumbuh Lebih Cepat


Stres memberi efek nyata pada kerontokan rambut. Efek kerusakan permanen sel-sel regenerasi pigmen di dalam folikel rambut. Sehingga kadar melanin akan menurun pula dan menyebabkan munculnya uban.


Jika dikaitkan dengan timbulnya uban, fakta dan mitos uban yang satu ini memang bisa dikatakan benar adanya.


5. Uban Muncul Karena Radikal Bebas dan Merokok


Para ahli kesehatan mengkonfirmasi bahwa ini adalah fakta.


Penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas dan merokok berpengaruh pada folikel dan kadar melanin rambut yang terus menurun. Maka dari itu, gaya hidup juga memberi pengaruh pada waktu munculnya uban di rambut.


Tips Mencegah Munculnya Uban


Berikut ini mungkin berguna untuk kamu yang khawatir dengan munculnya uban di usia dini:

  1. Coba lah untuk lebih menjaga gaya hidup sehat. Kurangi begadang, konsumsi junk food, perbanyak olahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

  2. Jaga suasana hati dan pikiran. Buatlah dirimu agar merasa senang selalu, bukan membiarkan kondisi tertekan yang menyebabkan stres. Lakukan hobi, dan hal lain untuk menenangkan dan menyenangkan hati.

  3. Konsumsi makanan bernutrisi yang kaya vitamin B12. Seperti hati, daging sapi, telur, susu, oatmeal, yogurt, dan masih banyak lagi.

17 views0 comments

Recent Posts

See All

FAQ Keratin Theraphy & Keratin Smoothing

Bisa bikin rambut lurus gak? > Fungsi Keratin Theraphy adalah mengisi keratin ke dalam batang rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Karena terisinya keratin di dalam batang rambut

Комментарии


bottom of page