top of page

Kuku Jempol Nancep ke Kulit? Inilah Penyebab Cantengan

Updated: Jun 10, 2023

Pernahkah kuku jempol Anda nancep ke kulit? Jika ya, Anda mungkin mengalami yang disebut cantengan. Namun, apa sebenarnya cantengan itu dan apa penyebabnya? Yuk simak dalam artikel ini.

Penyebab Cantengan

Tumbuh kuku ke arah dalam kulit dan menekan jaringan kulit serta daging yang ada di sekitarnya, merupakan penyebab terjadinya cantengan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena beragam hal, yaitu:

  • Memotong kuku terlalu pendek atau menembus hingga ke bagian pinggir kuku.

  • Menggunakan sepatu atau kaus kaki yang sempit atau terlalu ketat.

  • Menggunakan alas kaki saat kondisi kaki basah atau berkeringat.

  • Mengalami cedera kuku, akibat tersandung atau tertimpa benda berat dll.

  • Memiliki bentuk kuku melengkung (curved toenails).

Cara Mengobati Cantengan

1. Merendam Kaki di Baskom Air Campuran Garam Inggris

Agar kuku menjadi lebih lembut dan lebih mudah dipotong sesudahnya rendam kakimu untuk membantumu mengurangi rasa sakit. Rendam kakimu selama 15-20, campurkan 2 sendok makan garam inggris dengan air hangat ke dalam baskom. Ulangi sekitar 3 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.


2. Dibalut Cuka Apel

Rendamkan bola kapas dengan cuka apel lalu letakkan pada jari yang sakit. Tutupi kaki dengan perban dan biarkan selama beberapa jam. Lalu keringkan secara menyeluruh. Cuka apel akan membantu mencegah infeksi dan meringankan kulit yang bengkak akibat tertusuk kuku.


3. Bisa Juga Dibalut Dengan Kunyit

Kunyit memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dari kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam itu. Carannya campurkan 1/2 sdt bubuk kunyit dengan 1/2 sendok makan minyak mustard. Tutupi jari kaki yang sakit dengan pasta dan gunakan perban di atasnya, diamkan selama satu jam. Ulangi selama 2-3 kali sehari.


4. Pakai Dental Floss

Cara ini bekerja lebih baik karena menyebabkan kulit dan kuku menjadi lebih lembut. Baluri dental floss dengan wax. Angkat dengan hati-hati ujung kuku yang masuk ke dalam dengan sepotong dental floss. Dengan begitu, kuku kakimu bisa terangkat dan bisa dipotong.


5. Pakai Sepatu Yang Nyaman

Pilih sepatu atau sandal berujung terbuka. Bahan yang ideal adalah yang terbuat dari kain lembut yang memungkinkan kulitmu “bernafas” sambil meninggalkan ruang untuk jari-jari kakimu. Salah satu penyebab kuku kaki mulai tumbuh ke dalam kulit adalah sepatu yang ketat dan sepatu hak tinggi karena mereka menambah tekanan pada jari-jari kaki.


6. Melakukan Pedicure

Lakukan pedicure di salon sehingga tidak salah memotong kuku dan dapat mencegah infeksi terjadi. Anda bisa melakukan pedicure di Salon Moirsalon yang terdekat dari lokasi atau rumah Anda.

Kesimpulan

Cantengan adalah kondisi yang cukup umum namun bisa berdampak buruk pada kesehatan jika tidak ditangani dengan benar. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi penting untuk merawat kuku dengan baik dan menghindari faktor risiko.

Terimakasih Semoga Bermanfaat

476 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page